Tuesday, February 3, 2015

TADABBUR ALAM



Islam adalah agama yang indah, keindahan agama islam bisa kita lihat dari seluruh elemen ciptaan Allah Swt yang terhampar luas di alam semesta ini. Karena agama yang indah adalah agama yang bersumber dari keindahan yaitu Allah, agama yang benar adalah agama yang bersumber dari kebenaran yaitu Allah, agama yang terbaik untuk umat manusia adalah agama yang bersumber dari segala kebaikan yaitu Allah Swt. Sudahkah kita merasakan keindahan semua itu?
            Terkadang kita tertipu oleh statemen-statemen yang mengatakan bahwa agama islam itu hebat, indah, kuat, mampu mengalahkan peradaban dunia dan saking banyaknya statemen yang kita dengar sehingga merasa sudah cukup. Karena perasaan cukup tersbutlah yang mendorong kita untuk bermalas-malasan tanpa ada rasa ingin tahu secara mendalam (rasikhul  ilmi) tentang keindahan islam itu sendiri.
            Di dalam artikel ini penulis mengajak pembaca untuk mentadabburi, merenungi, menghayati setiap ciptaan Allah yang terhampar di bumi ini, sebagai proses awal untuk meneliti dan meyakini secara mendalam dan konfrehensif tentang ciptaan Allah Swt. Karena Al-qur’an sendiri mengajak kita untuk bertadabbur dan barang siapa yang tidak mampu bertadabbur, khawatir ia termasuk orang yang hatinya dikunci oleh Allah sehingga tidak mampu menerima hidayah serta keindahan dari ciptaan-Nya, Na’udzubillah.
Ÿ
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?(Qs.Muhammad : 24)

Dari udara kita bisa belajar dari ciptaan Allah yang bernama burung, burung dengan indahnya terbang sesuka hati membuat panorama udara terasa indah untuk dipandang, memanjakan semua mata yang memandangnya. Dengan kekuatan paruh yang mereka miliki mampu terbang diiringi dengan angin-angin yang mengantar burung tersebut, siapakah yang menggerakkan angin dan burung di udara? Sehingga bagi orang yang berakal sehat mampu berpikir untuk menciptakan sesuatu yang mirip seperti burung, yakni pesawat terbang yang bisa memudahkan perjalanan umat manusia antar-negara.

Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman”.(Qs.An-Nahl : 79)


            Dari angin yang berhembus atas kekuasaan-Nya, kita bisa belajar tentang mahluk Allah yang bernama tumbuhan, dimana tumbuhan tersbut dapat hidup melalui proses pembuahan atas perantara angin.
 Dan kami Telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan kami turunkan hujan dari langit, lalu kami beri minum kamu dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya”.(Qs.Al-Hijr : 22)
            Dari struktur biologis manusia, kita bisa belajar bagaimana Allah menciptakan struktur anatomi manusia secara terperinci, dari mulai penciptaan yang berawal dari setetes air mani kemudian menjadi mahluk yang sempurna dengan akal yang dimiliki.


Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta yang paling baik”.(Qs.Al-Mukminun :14)

            Dari laut kita bisa menikmati keindahan ciptaan Allah berbentuk mutiara yang tersimpan dan disediakan Allah untuk manusia,
  Dan Dia-lah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai.........(Qs.An-Nahl : 14)
           
            Dari jasad Firaun kita bisa belajar bahwa kesombongan tidaklah berarti, firaun yang kafir menyatakan keimanannya kepada Allah tatkala azab Allah datang menghampirinya dengan Ombak besar di tengah lautan.
Maka pada hari Ini kami selamatkan badanmu, supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan Sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan kami”.(Qs.Yunus : 92)
            Demikianlah tulisan ini dimuat agar menjadi bagian Tadabbur kita kepada Ayat-ayat Allah Swt, dan agar mendapatkan petunjuk, menambah keimanan, serta kelapangan ilmu-Nya. Dan masih banyak lagi Almtsa-amtsal ayat di dalam Al-qur’an yang perlu kita tadabburi. Maka tidaklah seseorang mendapatkan petunjuk kecuali yang dikehendaki oleh Allah Swt, dan bagi orang-orang yang mendengarkan perkataan baik lalu mengikutinya (Qs.Az-Zumar :18).

 

No comments:

Post a Comment

Tugas Mapel Al-Qur'an dan Hadits Kelas XI A dan B MA Misbahunnur

Clue: *Untuk Dapat Menjawab Pertanyaan Materi Al-Qur'an dan Hadits maka ada syarat dan ketentuan yang harus dikerjakan. *Syaratanya a...